My Instagram

Obyek Wisata dibawah kaki Gunung Ciremai Kuningan



KUNINGAN, - Kabupaten Kuningan di Jawa Barat memang penuh dengan wisata alam, mulai dari curug, pemandian, perkemahan, hingga pegunungan ada di sana. Salah satu pusat kunjungan wisata alam ialah dataran tinggi Kecamatan Cigugur.

Cigugur berada tepat di kaki Gunung Ciremai, tentunya masuk wilayah Taman Nasional Gunung Cermai (TNGC). Cigugur memiliki banyak destinasi wisata dataran tinggi yang dikembangkan oleh masyarakat, maupun swasta.

Jika Anda ingin melihat Kuningan dari ketinggian, ataupun golden sunrise terbaik di Kuningan, bisa datang ke beberapa tempat di Cigugur.

KompasTravel sempat berkunjung ke dataran tinggi Cigugur, saat famtrip bersama Kementerian Pariwisata, Sabtu (23/12/2017). Berikut rangkuman, enam destinasi wisata yang ada di Cigugur:

1. Ipukan

Merupakan salah satu bumi perkemahan dengan pemandangan menghadap ke Gunung Ciremai dan Kota Kuningan. Ipukan juga merupakan salah satu tempat favorit pengambilan foto matahari terbit di Kuningan.

Bumi perkemahan di sini merupakan salah satu yang tertinggi di Kuningan, selain Gunung Ciremai. Untuk berkemah cukup membayar Rp 15.000. Di sini juga menyediakan tenda kemah Rp 150.000 untuk minimum tiga hari dua malam, dan perlengkapan kemah lainnya.



2. Curug Putri

Salah satu curug tertua yang dibuka untuk wisata di Kuningan. Curug dengan tinggi 25 meter ini airnya jernih, langsung dari mata air Gunung Ciremai.

Dengan tinggi air terjun 15 meter, terdapat kolam besar di bagian bawahnya. Oleh karena itu, wisatawan bisa berendam di segarnya air Gunung Ciremai. Selain itu, di bagian atas curug juga ada bumi perkemahan di tengah pepohonan pinus.

3. Sukageuri View

Sukageuri merupakan sebuah gardu pandang di atas tebing kaki Gunung Ciremai. Dari sini wisatawan bisa memandang perbukitan juga Kota Kuningan yang asri dari ketinggian.

Selain dari Ipukan, tempat faforit mengambil foto matahari terbit di Kuningan juga salah satunya dari Sukadeuri View.



4. Curug Landung

Memiliki aliran air yang sama dengan Curug Putri, hanya jatuhnya air lebih tinggi, yaitu sekitar 40 meter. Derasnya air terjun berada di sela pepohonan dan batuan yang masih amat alami dan terawat.

Selain bermain dan berendam di air terjun, kawasan curug ini juga punya ragam tempat selfie yang unik di atas ketinggian. Mulai dari berfoto diatas balon udara, hingga bagaikan terbang di atas sajadah aladin.

5. Taman Cisantana

Berada di Desa Cisantana, taman indah ini dahulunya merupakan tempat menambang batu. Namun kini tebing-tebing bekas tambang disulap jadi latar foto yang artistik dan unik.

Taman ini juga ditata sedemikian rapih dengan aneka pepohonan dan bunga unik seperti kaktus. Kini menjadi destinasi wisata dataran tinggi Kuningan yang unik untuk santai menikmati udara segar, dan berfoto.



6. Tenjo Laut

Dari namanya sudah bisa ditebak, jika inilah spot untuk melihat pemandangan laut dari Kuningan. Namun, sebenarnya bukan laut yang terlihat, tapi Waduk Dharma, merupakan waduk terbesar di Kuningan yang juga obyek wistata.

Dari atas ketinggian 1.100 meter, kini Tenjo Laut tidak hanya sekadar spot untuk melihat matahari terbenam di waduk, melainkan juga tempat rekreasi keluarga. Dengan berbagai gazebo tempat makan, dan berbagai spot foto unik yang dibuat warga.

7. Buper Palutungan

Bumi Perkemahan Palutingan, terkenal dengan alamnya yang masih asri. Bumi perkemahan di desa ini terletak di Desa Palitungan yang masih amat asri. Dengan sawah-sawah dan kehidupan masyarakatnya amat eksotis.

Tempat ini juga jadi salah satu magnet fotografer untuk mengambil foto matahari terbit di tegah pesawahan. Salah satu tempat foto golden sunrise terbaik di Kuningan. (Kompas)

Tidak ada komentar